Sabtu, 02 Maret 2013

Detik ini ketika aku duduk di pojokan Aula Timur ITB, otakku mendapat inpuls untuk dipikirkan secara mendetail..
Kira-kira sudah sejauh apa aku mengeksplorasi diri dan hidupku? Seberapa banyak aku memahami hidup dan diriku? Jangan-jangan aku hanya sekedar merawat dan menjaga diri dan hidupku, layaknya hutan lindung yang (diusahakan) tak pernah mengenal kata eksplorasi dan eksploitasi.

Aneh.
Aku sendiri yang menjalani hidup ini sambil berlakon sebagai diriku. Tapi pada kenyataannya, aku sendiri tidak mengenal hidup dan diriku...

Miris.
Padahal sudah sekian kali aku dipuji, sekian kali pula dikiritik. Ah, masih saja sulit bagiku untuk mendalami sedalam-dalamnya diri dan hidupku. Aku ingin tahun seberapa besar potensiku dan seberapa banyak kelemahanku. Bagiku, ini penting untuk aku ketahui.

Jadi, sudah sedalam apa kamu mengeksplorasi dan nengeksploitasi diri dan hidupmu, Judith...?

Tuhan memberkati.

1 komentar: